Agar suatu bisnis menjadi sukses dalam mengelola kegiatan usahanya, maka diperlukan beberapa faktor sebagai penunjang atau kunci untuk meraih sukses. Adapun langkah–langkah yang harus ditempuh adalah sebagai berikut:
- Adaptasi dan memperbarui jasa yang ditawarkan.
- Melokalisasi system point of service, meliputi (1) Availability is crucial, yaitu penggunaan jasa menjadi suatu hal yang penting karena jasa itu tidak bisa disimpan sehingga sebaiknya pengguna sesegera mungkin pada saat sedang dibutuhkan. (2) The news paper illustration, sebagai contoh mengenai dampak penting penyampaian produk jasa bagi konsumen dari segi sistem lokalisasi point of service adalah soal distribusi.
- Menyelenggarakan kontrak layanan sebagai hambatan agar karyawan tidak mudah lari. Maksudnya adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa berusaha untuk menarik dan mempertahankan konsumen dengan sistem kontrak atau memberi keanggotaan yaitu dengan memberikan member untuk berbagai fasilitas dan kemudahan-kemudahan tertentu sehingga perusahaan juga dapat menikmati keuntungan-keuntungan lainnya.
- Menggunakan kekuatan informasi.
- Menentukan nilai strategi jasa kepada para konsumen. Nilai strategi merupakan sebuah fungsi dari desain strategi bisnis dan penilaian terhadap metodologi sehingga dapat menerangkan berbagai isu yang akan timbul. Jawaban-jawaban dari isu tersebut mungkin menjadi suatu strategi yang potensial dan signifikan untuk meningkatkan bisnis dan pelayanan jasa yang diberikan oleh pihak perusahaan.
Konsep Strategi
Apa
saja konsep strategi pemarasan yang perlu Anda ketahui? Berikut ulasannya:
- Melakukan segmentasi market agar kegiatan pemasaran fokus pada calon konsumen potensial. Pelayanan yang dilakukan karyawan dengan baik pada konsumen termasuk daya tarik tersendiri untuk konsumen karena citra perusahaan ditentukan oleh kinerja karyawan. Penentuan harga yang ditawarkan sebaiknya disesuaikan dengan manfaat yang diperoleh konsumen dari produk jasa yang diberikan.
- Melakukan positioning market agar Anda dapat semakin tepat dalam mendapatkan konsumen, maka sebaiknya Anda menentukan positioning yang spesifik. Hal ini dilakukan agar mendapatkan posisi yang kuat dalam pasar.
- Market entry strategy adalah strategi agar bisnis bisa masuk pada segmen pasar tertentu. Cara yang dapat dilakukan seperti membeli perusahaan lain, internal development atau kerjasama dengan perusahaan lain.
- Marketing mix strategy merupakan kumpulan dari banyak variabel pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk dapat memengaruhi tanggapan konsumen. Berikut ini variabel pada marketing mix: Product, Price, Place, Promotion, Participant, Process, dan People Physical Evidence.
- Timing strategy yaitu strategi pemasaran dengan pemilihan waktu yang tepat.
Trik Pemasaran Jasa
Berikut
ini adalah 5 trik pemasaran jasa untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda:
- Mengenali konsumen atau target market. Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai sesuai keinginan konsumen, hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk kembali lagi menggunakan jasa yang ditawarkan karena pada umumnya konsumen tidak suka jika menunggu terlalu lama akan pelayanan yang mereka butuhkan.
- Memilih lokasi yang strategis. Pemilihan lokasi yang tepat juga penting dalam strategi pemasaran jasa. Cobalah untuk mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan yang sesuai dengan target penjualannya.
- Menggunakan internet marketing yaitu melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya untuk dapat menghasilkan produk jasa yang mampu memberikan suatu kepuasan yang lebih bagi konsumen. Jika teknologi yang digunakan semakin canggih, maka semakin cepat pula pelayanan yang akan diberikan untuk konsumen.
- Melakukan promosi offline seperti berpartisipasi di acara pameran yang sesuai dengan jenis usaha bisnis Anda. Promosi ini terbukti akan dapat meningkatkan kepercayaan pada konsumen atas eksistensi bisnis atau perusahaan Anda. Lakukan strategi promosi secara rutin dengan cara-cara yang kreatif sehingga konsumen lebih tertarik dan tidak merasa bosan.
- Menjalin hubungan yang baik dengan para konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar