Pengertian
Strategi pemasaran jasa adalah sebuah rencana yang secara keseluruhan, akan berkaitan dengan usaha jasa untuk mengubah minat calon konsumen potensial menjadi konsumen yang menikmati produk tersebut.
Karakteristik strategi pemasaran jasa
1. Segmentasi Market
Melakukan kegiatan ini harus berfokus pada konsumen yang
potensial, agar pelayanan ini dilakukan secara baik dan menarik minat konsumen
dikarenakan citra perusahaan dan kinerja karyawan yang baik. Sehingga harga
yang ditawarkan juga harus disesuaikan dengan manfaat yang konsumen terima.
2. Positioning Market
Menentukan positioning secara spesifik akan membuat Anda
semakin tepat untuk mendapatkan konsumen, cara ini ditujukan supaya Anda
mendapatkan posisi pemasaran yang kuat dalam lingkup pasar.
3. Market Entry Strategy
Strategi ini dilakukan seperti membeli perusahaan lain,
bekerjasama dengan perusahaan lain atau internal development. Hal ini dilakukan
supaya usaha jasa Anda bisa masuk pada segmen pasar yang tertentu.
4. Marketing Mix Strategy
Dengan mempengaruhi tanggapan konsumen, sebaikanya memiliki
banyak variabel pemsaran yang digunakan. Seperti contoh pemasaran jasa mix
yaitu Price, Product, Place, Participant, Promotion, Process, serta People
Physical Eviden
5. Timing strategy
Melakukan strategi pemasaran sebaiknya memilih waktu yang
tepat sehingga produk yang ditawarkan kepada konsumen juga meningkat.
Cara Menjalankan
Strategi Pemasaran Jasa
Adapun berbagai cara untuk menjalankan strategi pemasaran
jasa dalam meningkatkan penjualan yaitu:
1. Menjalin Hubungan Baik Kepada Pelanggan
Melakukan promosi dan mengenalkan produk Anda secara langsung
kepada pelanggan juga dapat menghemat biaya iklan yang mempengaruhi laporan perubahan modal usaha Anda.
Selain itu untuk memiliki loyalitas konsumen sebaiknya Anda
menjalin hubungan secara baik kepada pelanggan, agar nantinya di masa mendatang
konsumen Anda tetap memakai jasa Anda.
2. Mengetahui Target Market Konsumen
Jika Anda sudah tahu target market konsumen dengan pelayanan
yang diberikan secara cepat dan tepat, maka akan membuat konsumen untuk
berlangganan kembali. Karena pada dasarnya konsumen tidak suka menunggu lama
dan pastinya akan membutuhkan pelayanan yang ditawarkan.
3. Melakukan Promosi Internet Marketing
Pada dasarnya teknologi sekarang yang digunakan semakin
canggih, maka dari itu promosi yang dilakukan melalui internet marketing akan
membuat pelanggan puas atas pelayanan yang diberikan. Contoh strategi pemasaran
internet ini berupa Instagram, Facebook, ataupun sebagainya.
4. Memutuskan Lokasi Secara Tepat dan Strategis
Melalui pertimbangan pemasaran dan memutuskan lokasi secara
tepat dan strategis, akan membuat Anda mendapatkan konsumen yang sesuai dengan
target penjualan produk Anda.
5. Tetap Menjalankan Promosi Secara Offline
Bekerja sama di acara pameran atau seminar yang sesuai dengan
usaha jasa Anda, dapat memberikan kemudahan untuk mempromosikan produk dan
menambah kepercayaan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar