Rabu, 12 Januari 2022

Strategi Pemasaran Jasa

Pengertian 

Strategi pemasaran jasa adalah sebuah rencana yang secara keseluruhan, akan berkaitan dengan usaha jasa untuk mengubah minat calon konsumen potensial menjadi konsumen yang menikmati produk tersebut.

Karakteristik strategi pemasaran jasa

1.      Segmentasi Market

Melakukan kegiatan ini harus berfokus pada konsumen yang potensial, agar pelayanan ini dilakukan secara baik dan menarik minat konsumen dikarenakan citra perusahaan dan kinerja karyawan yang baik. Sehingga harga yang ditawarkan juga harus disesuaikan dengan manfaat yang konsumen terima.

2. Positioning Market

Menentukan positioning secara spesifik akan membuat Anda semakin tepat untuk mendapatkan konsumen, cara ini ditujukan supaya Anda mendapatkan posisi pemasaran yang kuat dalam lingkup pasar.

3. Market Entry Strategy

Strategi ini dilakukan seperti membeli perusahaan lain, bekerjasama dengan perusahaan lain atau internal development. Hal ini dilakukan supaya usaha jasa Anda bisa masuk pada segmen pasar yang tertentu.

4. Marketing Mix Strategy

Dengan mempengaruhi tanggapan konsumen, sebaikanya memiliki banyak variabel pemsaran yang digunakan. Seperti contoh pemasaran jasa mix yaitu Price, Product, Place, Participant, Promotion, Process, serta People Physical Eviden

5. Timing strategy

Melakukan strategi pemasaran sebaiknya memilih waktu yang tepat sehingga produk yang ditawarkan kepada konsumen juga meningkat.


Cara Menjalankan Strategi Pemasaran Jasa

Adapun berbagai cara untuk menjalankan strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan penjualan yaitu:

1. Menjalin Hubungan Baik Kepada Pelanggan

Melakukan promosi dan mengenalkan produk Anda secara langsung kepada pelanggan juga dapat menghemat biaya iklan yang mempengaruhi laporan perubahan modal usaha Anda.

Selain itu untuk memiliki loyalitas konsumen sebaiknya Anda menjalin hubungan secara baik kepada pelanggan, agar nantinya di masa mendatang konsumen Anda tetap memakai jasa Anda.

2. Mengetahui Target Market Konsumen

Jika Anda sudah tahu target market konsumen dengan pelayanan yang diberikan secara cepat dan tepat, maka akan membuat konsumen untuk berlangganan kembali. Karena pada dasarnya konsumen tidak suka menunggu lama dan pastinya akan membutuhkan pelayanan yang ditawarkan.

3. Melakukan Promosi Internet Marketing

Pada dasarnya teknologi sekarang yang digunakan semakin canggih, maka dari itu promosi yang dilakukan melalui internet marketing akan membuat pelanggan puas atas pelayanan yang diberikan. Contoh strategi pemasaran internet ini berupa Instagram, Facebook, ataupun sebagainya.

4. Memutuskan Lokasi Secara Tepat dan Strategis

Melalui pertimbangan pemasaran dan memutuskan lokasi secara tepat dan strategis, akan membuat Anda mendapatkan konsumen yang sesuai dengan target penjualan produk Anda.

5. Tetap Menjalankan Promosi Secara Offline

Bekerja sama di acara pameran atau seminar yang sesuai dengan usaha jasa Anda, dapat memberikan kemudahan untuk mempromosikan produk dan menambah kepercayaan konsumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Solusi Melakukan Pemasaran Jasa yang baik

Agar suatu bisnis menjadi sukses dalam mengelola kegiatan usahanya, maka diperlukan beberapa faktor sebagai penunjang atau kunci untuk merai...