Positioning adalah metode dalam marketing untuk membentuk persepsi suatu produk, merek atau identitas perusahaan. atau bisa dikatakan Positioning adalah tindakan merancang penawaran untuk menempati tempat yang khas dalam benak konsumen.
PT. Tokopedia merupakan salah satu mall online di Indonesia yang mengusung
model bisnis marketplace dan mall online. Tokopedia memungkinkan setiap
individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online. Sejak
diluncurkan sampai hingga akhir 2016, layanan dasar Tokopedia bisa digunakan
oleh semua orang secara gratis. Dengan visi untuk "Membangun Indonesia yang
Lebih Baik Lewat Internet", Tokopedia memiliki program untuk mendukung para
pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk
mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara online.
Perusahaan tersebut resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah
naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus
Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat
pesat. Selain menawarkan berbagai macam produk tokopedia juga menawarkan fitur pembayaran listrik/token listrik, pulsa bahwa jasa pinjam uang melalui aplikasi tokopedia yang dapat dibayar dengan cicilan. Tokopedia juga menyediakan berbagai fitur yang memudahkan penjual dalam melayani pembeli. Salah satu fitur yang dimiliki marketplace ini yaitu adanya fitur pre-order dengan waktu pengiriman hingga 1 bulan. Tampilan tokopedia juga terlihat segar dan ringan, Tokopedia hadir dengan dominan warna hijau yang segar bagi mata pengguna. Hal ini membuat pengguna tidak mudah jenuh saat berlama-lama window-shopping di Tokopedia. Selain tampilannya yang segar, aplikasi Tokopedia juga nyatanya sangat ringan sehingga loading dan proses-proses lainnya sangat cepat dan tidak membuat pengguna bosan. Ini adalah faktor penting yang membuat orang senang berlama-lama di Tokopedia. Marketplace Tokopedia juga pencairan saldo tidak membutuhkan waktu yang lama, Bagi pengguna yang memanfaatkan Tokopedia sebagai tempat berjualan, mereka merasa nyaman karena pencarian saldo di Tokopedia terbilang cepat dibandingkan marketplace lain. Hal ini menjadi penting karena fungsi utama Tokopedia adalah sebagai wadah bagi para penjual. Penjualan setiap produk dalam tokopedia juga memiliki kualitas yang baik, Satu hal yang dijamin oleh pihak Tokopedia atas barang-barang yang dijual di Tokopedia adalah Tokopedia menjamin bahwa kualitas barang yang dijual sudah terjamin dan tidak mungkin bodong. Adapun bila ada barang yang bodong, maka Tokopedia akan segera memprosesnya. Hal ini adalah salah satu faktor yang membuat masyarakat Indonesia percaya kepada Tokopedia. Dalam hal tersebut para pengguna tokopedia semakin yakin untuk berbelanja menggunakan aplikasi tokopedia. Tidak jaranf juga tokopedia juga menawarkan gratis ongkir untuk setiap pembelian, selain gratis ongkir juga terdapat beberapa potongan harga dalam setiap pembelian produk tertentu. Dari situ dapat dilihat bahwa tokopedia sanggat membantu masyarakat dengan cukup diam diri dirumah maka barang yang diinginkan akan datang.
Terimakasih atas informasinya
BalasHapus