Strategi Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan
oleh suatu perusahaan atau institusi dalam
melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar . Tujuan utamanya yaitu untuk memaksimalkan keuntungan dengan
membuat strategi penjualan.
Tujuan Umum Pemasaran
- Memperkenalkan produk ke masyaraka
- Mencapai target penjualan
- Memastikan kepuasan konsumen
- Menciptakan strategi lanjutan untuk produk
- Bekerja sama dengan mitra
- Membuat rekapitulasi penjualan
Artinya
kegiatan pemasaran menjadi unsur penting yang perlu diterapkan pada semua
perusahaan, apapun bidang perusahaan tersebut. Pemasaran pada produk fisik
dengan jasa kemungkinan memang ada persamaan namun ada lebih banyak
perbedaannya. Sehingga saat mencari metode pemasaran untuk jasa, dijamin akan
dibahas terpisah.
pemasaran jasa adalah suatu kegiatan
yang dilakukan produsen atau distributor kepada konsumen untuk menawarkan suatu
produk yang tidak dapat dilihat, dirasakan, didengar, dan diraba oleh konsumen
tersebut namun bisa didapatkan dan dirasakan manfaatnya.
Jasa yang disediakan pihak produsen sendiri merupakan segala
bentuk aktivitas yang hasil atau output nya berupa kinerja
yang akan diterima oleh konsumen. Dalam perusahaan yang bergerak di bidang
jasa, perusahaan ini disebut juga sebagai penyedia jasa sedangkan konsumen
disebut pengguna jasa.
Sehingga penyedia jasa nantinya akan melakukan suatu aktivitas
yang hasilnya dirasa bermanfaat dan dibutuhkan oleh si pengguna jasa tadi.
Berhubung tidak menyediakan produk fisik, maka kinerja ini murni berasal dari
aktivitas yang dilakukan langsung oleh penyedia jasa.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran adalah rangkaian perencanaan
untuk menjangkau target pasar dan mengubah mereka menjadi konsumen produk yang
dihasilkan oleh sebuah perusahaan.
Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk menerapkan strategi
pemasaran yang baik:
- 1. Melakukan Segmentasi Pasar
- 2. Menentukan Target Pasar (Market Targeting)
- 3. Market Positioning
Tidak ada komentar:
Posting Komentar